Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan bagaimana pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap kepuasan mahasiswa STABN Sriwijaya. Penelitian dibatasi pada mahasiswa STABN Sriwijaya semester genap tahun akademik 2014/2015.

Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Ex Post Facto. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Penelitian dilakukan pada STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Subjek penelitian adalah mahasiswa STABN Sriwijaya tahun akademik 2014/2015 berjumlah 116 orang. Objek penelitian terdiri dari Pelayanan, Fasilitas, dan Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya. Variabel independen penelitian yaitu Pelayanan (X1) dan Fasilitas (X2), sedangkan variabel dependen pada penelitian yaitu Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya (Y). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes menggunakan kuesioner dengan lima klasifikasi menggunakan skala Likert. Kuesioner yang dibagikan berjumlah 116, dua tidak dikembalikan dengan alasan yang tidak diketahui. Pengujian asumsi klasik dilakukan dengan uji normalitas regresi, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji prasyarat dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Linier Berganda.

Hasil penelitian mendapatkan persamaan Regresi Linier Berganda. Nilai persamaan Regresi Linier Berganda adalah Y’=(-0,225)+0,495X1 +0,691X2. Terjadi hubungan positif antara Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa. Kenaikan Pelayanan dan Fasilitas akan diikuti dengan peningkatan Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya. Penurunan Pelayanan dan Fasilitas akan diikuti juga dengan menurunnya tingkat kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya. Terdapat pengaruh antara Pelayanan dan Fasilitas secara bersama-sama terhadap Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya sebesar 73,4%. Secara parsial terdapat pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya dan terdapat pengaruh signifikan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya.

Heriyanto. 2017. Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa STABN Sriwijaya. Jurnal Vijjacariya, STABN Sriwijaya.
Dimuat dalam Jurnal Vijjacariya Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten, Volume IV No.1, Edisi Juni 2017, ISSN: 2442-6016. Jurusan Dharmacarya, Program Studi Pendidikan Agama Buddha.
Advertisements

About heriyanto lim
Heriyanto, Lecturer at the State College Buddhist of Sriwijaya. Subject: Computer Science, Multimedia and Statistics (Certificates of expert-level statistics). IT Support Specialist, Maintenance and Programming (Java, Visual Basic, etc).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: