Perencanaan Strategis Sistem dan Teknologi Informasi – Anita Cassidy

Strategi merupakan serangkaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Manajemen strategi meliputi pengamatan lingkungan, perumusan strategi (perencanaan strategis atau perencanaan jangka panjang), implementasi strategi dan evaluasi, serta pengendalian (Hunger & Wheelen, 2003: 4). Strategi mengacu pada berbagai tindakan yang terarah dan dijalankan untuk mencapai tujuan tertentu. Strategi Sistem Informasi merupakan sebuah cara dalam mendukung operasional organisasi untuk mendapatkan keunggulan kompetitif, dan mempertahankan keunggulan kompetitif tersebut. Strategi Teknologi Informasi dibuat untuk mendefinisikan upaya pemenuhan atau mendukung kebutuhan organisasi akan sistem dan informasi oleh sebuah teknologi.

Strategic Model John Ward and Joe Peppard

Perencanaan Strategis Teknologi Informasi

Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Strategi Sistem Informasi adalah menjawab pertanyaan “apa?”, sedangkan Strategi Teknologi Informasi lebih menekankan pada pemilihan teknologi, infrastruktur, dan keahlian khusus yang terkait atau menjawab pertanyaan “bagaimana?” (Earl, 1996). Rencana strategis (renstra) merupakan proses dan upaya-upaya perencanaan terpadu dan komprehensif yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu tertentu dengan memperhitungkan potensi dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan kendala yang mungkin timbul. Rencana strategis merupakan proses berkelanjutan yang diperbarui oleh bisnis secara teratur sebagai perubahan rencana bisnis. Perencanaan strategis Sistem Informasi adalah untuk menentukan sistem informasi yang dibutuhkan dalam mendukung strategi bisnis, sehingga strategi berkonsentrasi untuk mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan dan memastikan bahwa sistem informasi selaras dengan strategi bisnis. Sebuah rencana strategis sistem informasi juga penting sebagai dasar untuk upaya perbaikan proses, karena menetapkan kerangka, prioritas, fokus, dan rencana kerja untuk perbaikan proses. Dasar perencanaan strategis yang sangat penting adalah mengetahui apa yang kita inginkan untuk menjadi atau di mana kita ingin menjadi dan menetapkan tujuan (Cassidy & Guggenberger, 2001: 43).

Perencanaan Strategis Sistem dan Teknologi Informasi merupakan proses rencana dengan indentifikasi portofolio aplikasi sistem informasi berbasis komputer yang akan mendukung organisasi dalam pelaksanaan rencana bisnis dan merealisasikan tujuan. Perencanaan Strategis Sistem dan Teknologi Informasi juga mempelajari pengaruh Sistem Informasi dan Teknologi Informasi terhadap kinerja bisnis dan konstribusi bagi organisasi dalam memilih langkah-langkah strategis. Selain itu Perencanaan Strategis Sistem dan Teknologi Informasi juga menjelaskan berbagai tools, teknik, dan kerangka kerja bagi manajemen untuk memberikan keselarasan antara strategi sistem dan teknologi informasi dengan strategi bisnis, bahkan mencari kesempatan baru melalui penerapan teknologi inovatif (Ward & Griffiths, 2003). Perencanaan Strategis Sistem dan Teknologi Informasi dapat dilakukan dengan menggunakan metodologi, langkah-langkah yang sistematis, dan teknik analisis tertentu. Terdapat beberapa metodologi perencanaan strategis sistem dan teknologi informasi seperti Price Waterhouse, Ward dan Peppard, Edwin E.Tozer, Waterherbe, James Martin, Anita Cassidy , dan Enterprise Architecture Planning (EAP).

Pustaka dan Referensi:

Cassidy, Anita & Guggenberger, Keith. 2000. A Practical Guide to Information Systems Process Improvement. United States of America. St. Lucie Press is an imprint of CRC Press LLC.
David Hunger dan Thomas L. Wheelen, 2003. Manajemen Strategi. Yogyakarta: ANDI.
Earl, M. J. 1996. Management Strategies for Information Technology, 1st Ed. Prentice Hall.
Ward, J., & Griffiths, P. 2003. Strategic Planning for Information System, 3 rd Ed. John Wiley & Sons.

Advertisements

About heriyanto lim
Heriyanto, Lecturer at the State College Buddhist of Sriwijaya. Subject: Computer Science, Multimedia and Statistics (Certificates of expert-level statistics). IT Support Specialist, Maintenance and Programming (Java, Visual Basic, etc).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: