Sisi Tersembunyi Jejaring Sosial

Apakah Anda Membuka Informasi Diri Sendiri Terlalu Banyak?

Facebook Apps

Facebook Application

Berbagai Aplikasi Facebook tumbuh pesat, dengan 140 aplikasi terbaru ditambahkan setiap hari (Don Tapscott, 2009: 91). Aplikasi di facebook adalah aplikasi dan permainan yang dikembangkan untuk meningkatkan pengalaman dan hiburan para pengguna jejaring sosial facebook. Anda dapat menambahkan aplikasi dan permainan yang menarik dari Pusat Aplikasi. Beberapa contoh dari aplikasi dan permainan pihak ketiga yang dapat anda gunakan di facebook: Pyramid Solitaire Saga, Bejeweled Blitz, Texas HoldEm Poker, Clash of Clans, Cartel Poker, Ninja Saga, dan War Commander (https://id-id.facebook.com/help/217453588274571). Kebanyakan dari kita tidak menyadari bahwa aplikasi-aplikasi tersebut memberi dunia pemasaran (marketing) sebuah cara baru untuk mengintai dan melihat kedalam kehidupan pribadi.

Melakukan instal salah satu aplikasi pada jejaring sosial seperti facebook, merupakan cara bagaiman anda memberikan informasi pribadi anda. Menurut “Platform Aplication Term of use” yang dikeluarkan oleh facebook, para pengembang aplikasi berpotensi menemukan nama anda, gambar dan foto profile anda, jenis kelamin, kapan anda berulang tahun, tanggal dan tempat anda dilahirkan (kota, kecamatan, provinsi, dan negara), serta alamat terakhir tempat tinggal anda. Selain itu, para pembuat aplikasi dapat melihat pandangan politik anda, aktivitas anda, minat anda, selera musik, acara televisi yang anda sukai, film yang anda suka, buku-buku yang ingin anda baca, kata-kata mutiara yang membuat anda terkesan. Mereka dapat mepelajari informasi pribadi rinci, keterangan dibagian “About Me”, status hubungan, dengan siapa anda ingin berkencan, hubungan seperti apa yang anda minati, rencana-rencana liburan anda, dan berbagai pertemanan jaringan facebook anda (Don Tapscott, 2009: 92).

Aplikasi Pihak Ketiga di Facebook

Facebook Privacy

Berbagai aplikasi di facebook tentunya telah mengikuti aturan-aturan berdasarkan kesepakatan dan kebijakan facebook, walau demikian, jika anda ingin menghapus informasi yang anda berikan kepada sebuah aplikasi atau permainan, pihak facebook menyarankan untuk langsung menghubungi pengembang. Informasi yang ada pada aplikasi dan permainan facebook disimpan di server pengembang yang tidak diselenggarakan oleh facebook. Pengembang bertanggung jawab atas server mereka dan facebook tidak dapat menghapus informasi dan data dari server tersebut.

Pengembang aplikasi juga dapat menggali riwayat pendidikan anda, riwayat pekerjaan, informasi tentang penataran dan pelatihan yang pernah diikuti. Tentu saja mereka dapat melihat foto-foto dalam album foto facebook anda, berikut dengan metadata yang terkait dengan album foto tersebut (misalnya waktu mengunggah, nama album, dan komentar pada foto). Jumlah keseluruhan pesan yang telah anda kirim dan atau terima, keseluruhan pesan yang belum anda baca dalam inbox profile facebook, jumlah keseluruhan “poke” yang telah anda kirim atau terima, jumlah keseluruhan komentar yang telah dikirim ke wall anda, daftar user id yng dipetakan ke teman-teman facebook anda, timeline sosial, dan peristiwa-peristiwa yang terkait dengan facebook profile. Tema percakapan apa yang anda bicarakan pada facebook profile dan facebook messenger juga tidak luput dari mengintaian.

Kebijakan Facebook

Kebijakan Aplikasi Facebook

 

Image By: http://soshable.com

Pengembang aplikasi dapat mempelajari banyak hal dari diri kita. Facebook bukanlah yang pertama yang memungkinkan orang-orang marketing dapat mengintip kedalam dunia pribadi. Dalam bukunya Generation Digital, orang-orang pemasaran talah memanfaatkan teknologi digital untuk menyelidiki pikiran dan prilaku pengguna sejak bertahun-tahun (Kathryn Montgomery, 2007: 218). Teknologi digital telah memberikan orang lain melacak setiap gerakan pribadi, baik online mapupun offline, menghimpun berbagai profile pribadi rinci yang menggabungkan informasi prilaku, psikologi, dan sosial pada setiap pengguna teknologi.

Facebook telah menjadi tonggak dan benih sebuah perkara besar kerahasiaan pribadi (privasi). Privasi menjadi permasalahan bagi kita pengguna teknologi, facebook, dan situs-situs jejaring sosial lainya. Dengan penyebaran informasi pribadi yang terus berlangsung, menjadi kekhawatiran tingkah laku kita dalam penggunaan teknologi menjadi rumusan terjadinya penghancuran hak mendasar pribadi yang seharusnya tetap dilindungi.

Beberapa jejaring sosial lain:

Twitter, Istagram, Snapchat, Shots, Secret, Vine, Tinder, Medium.

Referensi

Don Tapscott. 2008. Grown Up Digital, How The Net Generation Is Changing Your World. New York: McGraw-Hill.

__________. 2009. Grown Up Digital Yang Muda Yang Mengubah Dunia. Diterjemahkan oleh Fajarianto. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, Kompas Gramedia.

Pusat Bantuan Facebook. https://id-id.facebook.com/help (diakses 2 April 2015).

Kathryn C. Montgomery. 2007. Digital Generation, Politics, Commerce, and Childhood in the Age of the Internet. London, England. The MIT Press Cambridge.

Advertisements

About heriyanto lim
Heriyanto, Lecturer at the State College Buddhist of Sriwijaya. Subject: Computer Science, Multimedia and Statistics (Certificates of expert-level statistics). IT Support Specialist, Maintenance and Programming (Java, Visual Basic, etc).

One Response to Sisi Tersembunyi Jejaring Sosial

  1. ogixpangestu says:

    Thank’s sir…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: