Pengaruh Pemanfaatan TIK dan Jenis Kelamin terhadap Kompetensi Pedagogik dan Profesional Dosen Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Negeri Sriwijaya Tangerang Banten

oleh: Heriyanto, M.Kom.

mail.heriyanto@Gmail.com

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh pemanfaatan TIK dan jenis kelamin terhadap kompetensi pedagogik dan profesional dosen Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian ini adalah dosen STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes menggunakan kuesioner. Kuesioner untuk mengukur tingkat pemanfaatan TIK, kompetensi profesional dan pedagogik dosen. Analisis data dengan menggunakan analisis multivariat.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat efek perbedaan atau pengaruh pemanfaatan TIK terhadap kompetensi profesional dan pedagogik dosen STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Hasil penelitian juga menunjukan tidak terdapat efek perbedaan jenis kelamin terhadap kompetensi profesional dan pedagogik dosen STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten, dan tidak ada interaksi antara  pemanfaatan TIK dan jenis kelamin secara bersama-sama terhadap kompetensi profesional dan pedagogik dosen STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.

 TIK, Kompetensi, Profesioanl, Pedagogik, Dosen, Pendidikan

Beberapa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan efek pemanfaatan TIK terhadap kompetensi profesional dan pedagogik dosen, terdapat perbedaan efek jenis kelamin terhadap kompetensi profesional dan pedagogik dosen, serta terdapat interaksi antara pemanfaatan TIK dan jenis kelamin dalam mempengaruhi Kompetensi profesional dan pedagogik dosen.

Hipotesis pertama yang diajukan terpenuhi, hasil penelitian menyimpulkan terdapat perbedaan efek pemanfaatan TIK terhadap kompetensi profesional dan pedagogik dosen STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Perbedaan efek pengaruh dapat dilihat dari hasil analisis yang menghasilkan angka 0,000 untuk pengaruh pemanfaatan TIK terhadap kompetensi profesional, dan menunjukan angka 0,044 untuk pengaruh pemanfaatan TIK terhadap kompetensi pedagogik. Dengan demikian pemanfaatan TIK berpengaruh terhadap kompetensi profesional yang dimiliki seorang dosen STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Tingkat profesional merupakan perluasan dari kemampuan pribadi yang terbentuk dengan berbagai kemampuan yang dimiliki sehingga menjadi kemampuan dalam dunia kerja yang berhubungan dengan kinerja dalam menjalankan tugas dan fungsi. Pemanfaatan TIK sangat mendukung dalam kemampuan pribadi untuk menjalankan tugas dan fungsi, sehingga dengan tingkat kinerja seorang dosen yang tinggi akan berpengaruh terhadap tingkat kompetensi profesional dosen, yang tentunya berhubungan dengan tugas pokok seorang dosen dalam menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi seperti pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.Hipotesis yang kedua adalah terdapat perbedaan efek jenis kelamin terhadap kompetensi profesional dan pedagogik dosen. Hasil analisis data menunjukan tidak signifikan. Variabel jenis kelamin memberikan nilai 0,053 untuk kompetensi profesional dan 0,522 terhadap kompetensi pedagogik, kedua nilai tersebut melebihi taraf signifikansi (sig.) sebesar 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan jenis kelamin tidak menghasilkan perbedaan efek terhadap kompetensi profesional dan pedagogik dosen. Kompetensi profesional dan pedagogik seorang dosen tidak dipengaruhi oleh perbedaan jenis kelamin. Jenis kelamin laki-laki dan perempuan tidak berpengaruh terhadap kompetensi yang dimiliki oleh dosen STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Perbedaan motivasi, kinerja, dan prestasi serta budaya yang berbeda antara laki-laki dan perempuan tidak berpengaruh terhadap kompetensi mereka masing-masing seorang dosen pada STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.Hipotesis yang kedua adalah terdapat perbedaan efek jenis kelamin terhadap kompetensi profesional dan pedagogik dosen. Hasil analisis data menunjukan tidak signifikan. Variabel jenis kelamin memberikan nilai 0,053 untuk kompetensi profesional dan 0,522 terhadap kompetensi pedagogik, kedua nilai tersebut melebihi taraf signifikansi (sig.) sebesar 0,05. Hasil penelitian menyimpulkan jenis kelamin tidak menghasilkan perbedaan efek terhadap kompetensi profesional dan pedagogik dosen. Kompetensi profesional dan pedagogik seorang dosen tidak dipengaruhi oleh perbedaan jenis kelamin. Jenis kelamin laki-laki dan perempuan tidak berpengaruh terhadap kompetensi yang dimiliki oleh dosen STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten. Perbedaan motivasi, kinerja, dan prestasi serta budaya yang berbeda antara laki-laki dan perempuan tidak berpengaruh terhadap kompetensi mereka masing-masing seorang dosen pada STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.

Hipotesis yang ketiga adalah terdapat interaksi antara pemanfaatan TIK dan jenis kelamin dalam mempengaruhi kompetensi profesional dan pedagogik dosen. Hipotesis yang ketiga tidak terpenuhi dengan diterimanya H0, artinya tidak terdapat interaksi antara pemanfaatan TIK dan jenis kelamin dalam mempengaruhi Kompetensi profesional dan pedagogik dosen. Pemanfaatan TIK dan jenis kelamin tidak berinteraksi memberikan pengaruh terhadap kompetensi seorang dosen, baik kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik. Walaupun variabel pemanfaatan TIK memberikan perbedaan efek terhadap kompetensi profesional dan pedagogik dosen STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten tetapi tidak terdapat interaksi antara pemanfaatan TIK dan jenis kelamin secara bersama-sama dalam mempengaruhi kompetensi profesional dan pedagogik dosen STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.

Pada era modern seperti sekarang ini telah terjadi perkembangan dan kemajuan masyarakat serta budaya dalam masyarakat itu sendiri. Perbedaan antara laki-laki dan perempuan sudah tidak lagi membentuk perbedaan kemampuan, prestasi, dan kinerja. Tidak terdapat perbedaan efek jenis kelamin terhadap kompetensi seorang dosen laki-laki dan perempuan terhadap kompetensi profesional dan pedagogik mereka, mungkin disebabkan oleh perkembangan dan kemajuan zaman seperti sekarang ini. Pemenuhan kebutuhan yang semakin bersaing akan membentuk prilaku dan budaya pada diri mereka masing-masing. Prilaku dan budaya mereka dalam memenuhi kebutuhan dan searah dengan perkembangan zaman memaksa mereka untuk melawan budaya laki-laki dan perempuan yang terbentuk lebih awal. Peralihan prilaku dan budaya tersebut kemungkinan menjadi salah satu penyebab tidak lagi ada perbedaan kemampuan antara laki-laki dan perempuan khusunya yang berkaitan dengan kompetensi seorang dosen baik kompetensi profesional dan pedagogik dosen STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten.

Pdf File Download disini: Pengaruh Pemanfaatan TIK dan Jenis Kelamin terhadap Kompetensi Pedagogik dan Profesional Dosen Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Negeri Sriwijaya Tangerang Banten

Jangan lupa tinggalkan komentar, kesan, dan pesan !

Advertisements

About heriyanto lim
Heriyanto, Lecturer at the State College Buddhist of Sriwijaya. Subject: Computer Science, Multimedia and Statistics (Certificates of expert-level statistics). IT Support Specialist, Maintenance and Programming (Java, Visual Basic, etc).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: