Persepsi Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya terhadap Efektivitas Penggunaan Search Engine Google

oleh: Heriyanto, M.Kom.

mail.heriyanto@Gmail.com

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya terhadap efektivitas penggunaan search engine Google. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa reguler Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya yang berjumlah 112 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes menggunakan kuesioner. Kuesioner untuk mengukur persepsi mahasiswa tentang searching engine Google dan efektivitasnya, yang menggunakan skala Likert. Analisis data dengan menggunakan uji regresi linier sederhana dengan taraf signifikansi 5%.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya terhadap efektivitas penggunaan search engine Google. Persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya memiliki pengaruh yang searah terhadap efektivitas penggunaan search engine Google. Peningkatan dan penurunan persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya juga akan diikuti dengan peningkatan dan penurunan efektivitas penggunaan search engine Google. Besarnya sumbangan persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya terhadap efektivitas penggunaan search engine Google sebesar 27%.

Persepsi, Efektivitas, Search Engine, Google, Internet

Search Engine Google

Google

PEMBAHASAN

Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah: Terdapat pengaruh antara persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya terhadap efektivitas penggunaan search engine Google. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis yang diajukan diterima, artinya bahwa terdapat pengaruh antara persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya terhadap efektivitas penggunaan search engine Google. Besarnya pengaruh persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya terhadap efektivitas penggunaan search engine Google sebesar 0,270 atau sebesar 27%.

Persepsi memiliki pengaruh yang searah terhadap efektivitas penggunaan search engine Google. Peningkatan dan penurunan persepsi juga akan diikuti dengan peningkatan dan penurunan efektivitas penggunaan search engine Google. Pengaruh persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya terhadap efektivitas penggunaan search engine Google sebesar 27%. Persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya memiliki pengaruh yang kecil terhadap efektivitas penggunaan search engine Google.

Selain pengalaman, persepsi individu juga dibentuk oleh komponen-komponen lain, salah satu komponen tersebut adalah budaya. Budaya sebagai pengetahuan yang diperoleh individu digunakan untuk memberi makna terhadap fakta, peristiwa dan gejala yang dihadapi individu masing-masing. Kemungkinan rendahnya tingkat pengaruh persepsi terhadap efektivitas penggunaan search engine Google dikarenakan mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya telah memiliki pengetahuan sebelumnya yang menetap dalam dirinya. Pengetahuan itu kemungkinan adalah anggapan bahwa search engine Google merupakan search engine yang baik, paling baik, selalu memberikan hasil yang akurat dan menjadi solusi untuk pencarian informasi, baik informasi akademik dan informasi lainnya yang mereka butuhkan. Jadi walaupun hasil pencarian search engine Google kurang efektif hal tersebut tidak membentuk pengalaman buruk bagi mereka. Begitu juga sebaliknya persepsi yang telah terbentuk diantara mereka kemungkinan persepsi baik terhadap search engine Google, sehingga tinggi dan rendahnya tingkat efektivitas penggunaan search engine Google hanya sedikit mempengaruhi terhadap persepsi dalam dirinya. Ketika persepsi yang terbentuk selalu baik, maka kemungkinan hal tersebut yang menyebabkan pengaruh persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya terhadap efektivitas penggunaan search engine Google hanya 27%.

Komponen lain adalah sikap, sikap diartikan sebagai pernyataan evaluatif yang dapat dipengaruhi oleh nilai yang dianut seseorang terhadap suatu objek tertentu. Kemungkinan Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya memiliki nilai-nilai yang telah dianut dalam dirinya, yang mempengaruhi sikap mereka dalam penggunaan search engine Google, yang tentunya akan sangat berpengaruh terhadap persepsi mereka masing-masing.

Pengaruh persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya terhadap efektivitas penggunaan search engine Google sebesar 27% mungkin juga dikarenakan popularitas search engine Google, search engine Google merupakan search engine yang  paling sering digunakan bahkan tidak sedikit diantara mahasiswa dan masyarakat tidak mengenal search engine yang lain. Sehingga tingkat efektivitas search engine Google tidak menjadi materi pembentuk persepsi buruk dan pembentuk persepsi baik dikalangan pengguna. Jadi walaupun penggunaan search engine Google kurang efektif berkaitan dengan hasil yang diberikan tetap saja mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya tidak menjadikan hal tersebut menjadi pengalaman buruk bagi mereka. Begitu juga sebaliknya, persepsi baik dan persepsi buruk tidak terlalu besar menjadi pembentuk pengaruh terhadap efektivitas, dikarenakan kemungkinan hanya search engine Google yang selalu mereka gunakan, ketika tidak ada pembanding untuk search engine Google yang mereka gunakan maka apapun hasil penggunaan search engine Google akan selalu dianggap efektif.

Hasil persamaan regresi linier sederhana untuk persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya terhadap efektivitas penggunaan search engine Google, yaitu Y=10,216+0,573X, didapat koefisien regresi b = 0,573 artinya setiap satu peningkatan persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya akan diikuti dengan peningkatan efektivitas penggunaan search engine Google sebesar 0,573 atau 57,3%. Begitu juga sebaliknya, setiap penurunan persepsi mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya akan diikuti dengan penurunan efektivitas penggunaan search engine Google sebesar 57,3%.

Pdf File Download disini: Persepsi Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Terhadap Efektivitas Penggunaan Search Engine Google

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Pesan, dan Kesan !

Advertisements

About heriyanto lim
Heriyanto, Lecturer at the State College Buddhist of Sriwijaya. Subject: Computer Science, Multimedia and Statistics (Certificates of expert-level statistics). IT Support Specialist, Maintenance and Programming (Java, Visual Basic, etc).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: