Penggunaan Teknologi Komputer dalam Mempengaruhi Kinerja Otak Tengah dan Peranannya dalam Dunia Pendidikan Anak

oleh: Heriyanto, M.Kom.

mail.heriyanto@Gmail.com

Abstract

The application of computer technology who stimulated for mid brain and whole brain, can give positive contribution for education.  By creating frequencies and other brain’s parts to be at a condition that we expected. Frequency and wave from computer technology can influented mid brain’s work to be stimulated and produce good hormones for humans body.

 By using certain Frequency which can stimulated gland to produce some hormones that we expected. Binaural Beat Frequency can interfered and stimulated brain’s wave to enter or make an expected situation of wave. By modulated Endorphin hormone with train the brain wave  Alpha and Theta. Dophamine Hormone who produced by the mid brain can be stimulated with Binaural Beats frequency.

Music has rthym and beats, those are can be produce by computer technology. Music has influenced for brain’s work, good audio or music is a good stimulator for brain’s work.  Then music gives some effects  for brain’s work and human’s brain progress.

We can stimulated mid brain to give good effect for education. Frequency which produced with stimulated the brain’s wave to be a condition at Alpha and Theta wave. Endorphin can make us more energetic, otherwise substance or Endorphin hormone can raise learning will and memorize and it makes good contribution in education.  Learning and memorize will be more easier to do if we have more Endorphin in brain. A balance Endorphin will bring a better memorized for children, and it makes them more easier to save and adsorb knowledge. Music can give stimulation for  their progress  with cognitive and EQ. Classical music produce Alpha wave which can make relax and stimulates brain’s neuron network  in limbic system, it’s a part in memorized and perception, emotional control, mind control. Those things can control the emotion, problem solving, language, creativity, and other cognitive processes.  We can see that application of computer technology can give support, and good effect for education.

Teknologi Otak tengah

Peranan Teknologi Komputer untuk mempengaruhi Kinerja Otak Tengah

Penggunaan Teknologi Komputer dalam Mempengaruhi Kinerja Otak Tengah

dan Peranannya dalam Dunia Pendidikan Anak

Penemuan-penemuan modern pada dasarnya hasil dari pemikiran manusia dapat membawa perkembangan positif bagi manusia itu sendiri dalam berbagai bidang, khususnya dalam masyarakat dan bekal untuk menjalani kemajuan masyarakat itu sendiri.

Hasil pemikiran manusia dalam dunia komputer berupa alat-alat dengan teknologi komputer dan alat-alat yang terkomputerisasi mampu digunakan untuk mempengaruhi kinerja otak. Dengan diketahuinya gelombang otak pada manusia, teknologi komputer digunakan untuk menstimulasi atau membuat otak berada pada gelombang yang diinginkan, dan menstimulasi otak menghasilkan hormon yang diinginkan, begitu juga dengan fungsi dan kinerja otak tengah. Dengan menciptakan frekuensi dan gelombang tertentu yang didukung oleh teknologi komputer dapat merangsang atau menstimulasi otak berada pada gelombang tertentu dan memungkinkan kelenjar-kelenjar tubuh untuk memproduksi hormon yang diinginkan dan berguna bagi tubuh.

Kontribusi positif pada dunia pendidikan dihasilkan ketika otak telah terstimulasi dan dikondisikan untuk mencapai gelombang yang diinginkan. Hormon atau zat endorfin dapat dihasilkan ketika kondisi gelombang otak berada pada gelombang Alpha atau Theta, dan juga meningkatkan kemampuan belajar dan daya ingat, yang tentunya kemampuan daya ingat tersebut sangat memberikan kontribusi besar dalam dunia pendidikan. Semakin tinggi konsentrasi terhadap suatu hal, maka akan semakin mudah untuk mengingat hal-hal tersebut. Tentunya konsentrasi yang tinggi dan kemampuan mengingat sangat dibutuhkan dalam proses belajar dan pembelajaran dalam dunia pendidikan. Stimulasi Otak tengah dengan menggunakan frekuensi tertentu dapat menghasilkan hormon dopamin (Dophamine). Hormon dopamin (Dophamine) berperan dalam konsentrasi dan pemusatan perhatian, tingkat konsentrasi dan perhatian terhadap pembelajaran dapat ditingkatkan dengan mengkondisikan otak tengah menghasilkan hormon dopamin.

Proses pendidikan adalah suatu proses yang berkesinambungan dan merupakan proses pembelajaran yang panjang dengan didukung oleh banyak faktor. Dalam hal ini, peranan teknologi komputer yang memberikan kontribusi positif terhadap dunia pendidikan anak, tidak semata-mata dipengaruhi oleh satu faktor teknologi komputer saja. Banyak faktor yang berpengaruh terhadap perkembangan dunia pendidikan anak, seperti faktor individu, lingkungan dan juga keluarga dan orang tua. Jadi dukungan teknologi komputer untuk menstimulasi, tidak semata-mata terjadi dalam proses cepat dan singkat, tetapi terjadi melalui proses yang berkesinambungan dengan didukung oleh faktor-faktor penunjang untuk mencapai semua keberhasilan dalam mencapai tujuan yang akan dicapai dalam dunia pendidikan anak.

Pembelajaran juga tidak hanya melibatkan bagian otak tertentu saja, tidak hanya berpusat pada otak kiri, otak kanan atau otak tengah saja, melainkan melibatkan hampir sebagian besar dari otak dan fungsi otak manusia. Terdapat sistem kontrol emosi dan hormon sehingga proses belajar dapat dilakukan secara simultan dan juga berkesinambungan dengan didukung oleh faktor lingkungan juga pemanfaatan teknologi komputer untuk menstimulasi dan mencapai gelombang otak yang diinginkan.

Teknologi komputer yang digunakan sebagai alat menstimulasi dan juga mengkondisikan otak tengah agar menghasilkan hormon kecerdasan, sehingga berguna bagi kehidupan masyarakat khususnya dunia pendidikan, tidak sepenuhnya menentukan keberhasilan dalam dunia pendidikan. Perpaduan berbagai faktor dari waktu ke waktu secara sinergi dan berangsur, juga dengan menggunakan teknik-teknik dan metode pembelajaran yang ada. Jadi ada baiknya metode pembelajaran yang didukung dengan kemajuan teknologi berjalan bersama dengan semua faktor-faktor pendukung dalam pembelajaran, sehingga tujuan dalam pemanfaatan teknologi untuk keberhasilan dalam dunia pendidikan akan dengan mudah tercapai.

Daftar Pustaka

Dr. Hardt, Biocybernaut Institute. EEG – ElectroEncephaloGraph or ElectroEncephaloGram. http://www.biocybernaut.com/about/brainwaves/EEG.htm#nav1top (diakses 10 Juli 2010)

Harris, Bill. 2002. Thresholds of the Mind. Centerpointe Press. Appendix 1, pp151–178. ISBN 0-9721780-0-7. Alina.2009. Pengaruh pemberian musik klasik pada senam bayi terhadap kemampuan motorik kasar bayi. Fakultas ilmu kesehatan d iv fisioterapi. Universitas muhammadiyah Surakarta.

William “Jamie” Tyler (2010). Brain Stimulation With Ultrasound May Enhance Cognitive Function. a neuroscientist at Arizona State University.

Siantayani, Yulianti. 2010. Misteri Aktivasi Otak Tengah. Semarang : Krizter Publisher.

Soedarsono, Slamet. 20010. Ajaibnya Otak Tengah. Jogjakarta: Katahati.

Oktavia, Winda. 2010. Mengenal Lebih Detail Fungsi-fungsi Otak Tengah. Jogjakarta: DIVA Press.

Sangkanparan, Hartono. 2010. Dahsyatnya Otak Tengah: Jadikan Anak Anda Cerdas Saat ini juga. Jakarta: Visimedia.

Download Jurnal Pdf: Penggunaan Teknologi Komputer dalam mempengaruhi kinerja Otak Tengah dan Perannannya dalam dunia pendidikan Anak

Advertisements

About heriyanto lim
Heriyanto, Lecturer at the State College Buddhist of Sriwijaya. Subject: Computer Science, Multimedia and Statistics (Certificates of expert-level statistics). IT Support Specialist, Maintenance and Programming (Java, Visual Basic, etc).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: