Mendirikan Toko Online (E-Shop)

Mendirikan Toko Online (E-Shop)

oleh:

Heriyanto, M.Kom.

mail.heriyanto@gmail.com

Bagaimana membangun Toko Online. Syarat apa saja yang harus dimiliki. Toko online adalah toko yang dijalankan berdasarkan unsur saling percaya. Membangun kepercayaan pelanggan adalah syarat mutlak dalam bisnis toko online.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi membawa dampak perubahan berbagai aspek kehidupan masyarakat. Gadget dan kecenderungan untuk beraktivitas pada dunia internet atau dunia maya menjadi keseharian masyarakat. Internet membawa perubahan besar pada kehidupan dan aktivitas individu masyarakat. Segala interaksi, traksaksi, proses dan kegiatan yang ada pada dunia nyata hampir sepenuhnya dapat dilakukan pada dunia internet. Internet adalah dunia di dalam dunia nyata, segala sesuatu yang ada pada dunia nyata kini juga dapat dilakukan pada dunia internet, dan bahkan dunia internet banyak memiliki kelebihan yang tidak dimiliki pada dunia nyata.

Toko Unik Online

Toko Online

Perkembangan toko online adalah bukti nyata pergerakan perubahan aktivitas dari dunia nyata menuju dunia internet. Toko online kini telah menjadi salah satu pilihan dalam berbelanja barang kebutuhan. Karena itu semua orang kini mulai berlomba-lomba membangun toko online. Membangun toko online bukan sekedar menjual barang dagangan melalui website, toko online adalah salah satu seni dalam berjualan. Dengan toko online berjualan melawan batas wilayah dan waktu.

Terdapat beberapa syarat tidak baku untuk membangun toko online yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Toko online adalah toko yang dijalankan berdasarkan unsur saling percaya. Membangun kepercayaan pelanggan adalah syarat mutlak dalam bisnis toko online. Sekali terjadi kekecewaan pada pembeli (konsumen atau pelanggan), akibatnya akan cukup besar karena pembeli dapat dengan mudah menyebarkan berita melalui berbagai media online.
  2. Selain mengutamakan unsur saling percaya, yang tidak kalah pentingnya adalah tampilan website toko yang mudah dimengerti calon pembeli (user friendly). Banyak pemilik toko online hanya sekedar memilih tampilan website dengan design meriah agar pengunjung tertarik, dan kurang memperhatikan faktor-faktor penting lainnya.
  3. Membangun toko online yang professional, artinya memberikan pelayanan yang professional pada pelanggan. Akun website gratis dan berbayar tentu juga akan menjadi pertimbangan calon pembeli. Jika ingin merencanakan membangun toko online secara serius dengan perencanaan yang matang, akun website berbayar harus menjadi pilihan. Banyak keunggulan yang dimiliki website berbayar, salah satu yang paling mendasar yaitu kepercayaan pelanggan dan keunggulan pada metode dan algoritma mesin pencari (search engine).
  4. Ketersediaan metode pembayaran yang fleksibel bagi pelanggan. Rekening khusus dari beberapa bank perlu dimiliki, paling tidak lebih dari 2 (dua) rekening bank berbeda. Layanan pembayaran melalui Paypal juga akan sangat berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Metode pembayaran yang beragam ini akan menjadi salah satu unsur yang memudahkan pembeli berbelanja pada toko online.
  5. Admin, dalam hal ini pengelola yang serius dan memiliki waktu penuh untuk mengelola dan menejemen yang baik dari para pengelola juga unsur yang ingin diketahui para calon pembeli.
  6. Digital marketing, penguasaan ilmu-ilmu manajemen dan pemasaran pada dunia didital juga menjadi keharusan jika ingin memulai toko online.

Jika syarat-syarat tersebut telah terpenuhi, toko online dapat mulai didirikan. Dengan toko online tidak perlu kesulitan dan pusing mengenai biaya sewa atau memiliki gedung pertokoan sendiri. Tidak perlu mempekerjakan pegawai atau karyawan banyak untuk menjaga toko dan tidak perlu membeli perlengkapan seperti toko nyata pada umumnya walaupun biaya tetap harus dikeluarkan. Bagi mereka yang telah memiliki toko (dalam hal ini toko tidak online), toko online merupakan pangsa pasar yang jauh lebih luas.

Pengguna internet yang sangat banyak dapat menjadi target pasar yang sangat menjanjikan. Berapa banyak masyarakat yang sibuk dan bahkan sangat sibuk untuk datang pada suatu toko dan membeli produk teretntu, sehingga toko online menjadi pilihan. Segmentasi pasar menjadi tidak terbatas, menjangkau seluruh dunia. Lebih lanjut peluang kerjasama dapat tercipta karena dengan internet akses informasi tanpa batas.

Sebagai contoh kisah sukses toko online yaitu Bhinneka.com. Hendrik Tio, Presiden Direktur PT Bhinneka.com memulai usaha online dengan modal 100 Juta, kini keuntungan mencapai 60 Miliar dalam 1 (satu) tahun. Era Digital  dengan kekuatan internet telah membawa transaksi online menjadi pilihan. Penjualan dengan kekuatan online telah menjadi alat untuk bersaing. Hampir semua toko menambah kekuatan pemasaran dengan versi online, tidak terkecuali dengan mengandalkan kekuatan media Social networking seperti Facebook, Twitter,  Blackberry Messenger (BBM) dan lainnya.

Lalu bagaimana dengan anda, bagaimana anda membuat website untuk toko online, membuat toko online dengan blog, membuat toko online dengan wordpress, atau menghubungi jasa pembuatan website.

Referensi

Atmandra, Djong Surya. 2012. Kisah Sukses Pendiri Bhineka dot com. http://www.bhinneka.com/forum/2670/Kisah-Sukses-Pendiri-Bhineka-dot-com (diakses 1 Maret 2013).

Evoucher Support. 2010. Tips Membangun Toko Online. Mail.heriyanto@gmail.com: https://mail.google.com/mail/?shva=1#inbox/12b8f73e1b15b712 (diakses 16 Februari 2013).

Pharairin. 2012. Mengapa Harus Memiliki Toko Online. http://www.sahabatbisnis.com/mengapa-harus-memiliki-toko-online (diakses 1 Maret 2013).

 Terry. 2011. Bhinneka.com Toko Online Terbesar di Indonesia. http://www.300ribu.com/bhinneka-com-toko-online-terbesar-di-indonesia (diakses 1 Maret 2013).

 Wardhani, Dyah hanung. 2012. Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Online Shop Di Facebook. Proposal Skripsi. Universitas Airlangga. http://dyah-h-w-fpsi08.web.unair.ac.id/artikel_detail-44799-Umum-Bab%202%20Proposal%20skripsi.html (diakses 16 Februari 2013).

Advertisements

About heriyanto lim
Heriyanto, Lecturer at the State College Buddhist of Sriwijaya. Subject: Computer Science, Multimedia and Statistics (Certificates of expert-level statistics). IT Support Specialist, Maintenance and Programming (Java, Visual Basic, etc).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: