Rencana Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) dengan Enterprise Architecture Planning (EAP)

Dalam dunia pendidikan, baik pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi tidak terlepas dari peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). TIK dalam bentuk Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) tidak hanya sekadar pelengkap tetapi merupakan suatu kebutuhan khususnya bagi perguruan tinggi untuk mendapatkan keunggulan dalam persaingan.

Penyusunan rencana strategis SI/TI merupakan merupakan suatu langkah menyelaraskan dan mengembangkan sistem dan teknologi informasi sesuai dengan strategi dan proses bisnis . Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metodologi dalam bentuk enterprise architecture yang meliputi arsitektur data, aplikasi dan teknologi. Arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi akan dibuat dengan metodologi Enterprise Architecture Planning (EAP) dalam kerangka kerja Zachman.

Enterprise Architecture Planning kerangka kerja Zahman

Enterprise Architecture Planning (EAP)

Penelitian ini menggunakan data primer dan skunder. Pengumpulan data yaitu dengan wawancara, dokumentasi, angket, dan melakukan pengamatan langsung terhadap internal dan exsternal organisasi. Alat bantu analisis yang digunakan adalah dengan metode Value Chain, SWOT, PEST, Porters Five Force, dan Critical Success Factor (CSF). Hasil dari penelitian ini adalah bentuk atau rumusan rencana strategis SI/TI dalam bentuk arsitektur data, aplikasi dan teknologi untuk mendukung proses bisnis.

Penyusunan rencana strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) dengan Enterprise Architecture Planning (EAP): studi kasus Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Sriwijaya Tangerang Banten

Latar Belakang Masalah

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mencapai tahap perkembangan yang sangat pesat. Kemajuan Sistem Informasi (SI) dan Teknologi Informasi (TI) menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Dalam dunia pendidikan, baik pendidikan dasar, menengah, dan pendidikan tinggi tidak terlepas dari peran SI dan TI (SI/TI). SI/TI telah beralih dari sekadar support menjadi kebutuhan operasional yang berkaitan dengan kegiatan organisasi. Penggunaan sistem infromasi dan  teknologi informasi dalam berbagai kegiatan proses belajar mengajar pada suatu institusi pendidikan bukanlah sesuatu hal yang bersifat pelengkap dan tambahan, melainkan suatu kebutuhan dalam meningkatkan proses maupun hasil pelaksanaan pendidikan yang dilakukan.

Dalam arus perkembangan dunia pendidikan, peran TIK yang terwujud dalam SI/TI kini merupakan suatu alat, yang digunakan untuk menjadi terdepan dan memenangkan persaingan antara institusi pendidikan lainnya. Tidak terkecuali perguruan tinggi, perguruan tinggi negeri maupun swasta tentunya menghadapi tantangan yang sama. Perencanaan dan penerapan SI/TI merupakan suatu yang harus dimiliki serta diimplementasikan dalam institusi pendidikan khususnya perguruan tinggi.

Berangkat dari hal tersebut, ternyata masih banyak institusi pendidikan yang belum dapat menerapkan dan menjadikan SI/TI sebagai alat untuk menjadikan unggul dalam persaingan, terlebih lagi institusi pendidikan yang masih baru. Perencanaan SI/TI yang diimplementasikan dalam organisasi harus dijalankan oleh sumber daya manusia yang kompeten dan memiliki dedikasi yang tinggi terhadap kemajuan dan perkembangan organisasi. Perencanaan dan penerapan SI/TI akan menunjang proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. SI yang dibangun dengan dukungan teknologi yang ada harus mampu memenuhi kebutuhan institusi, baik kebutuhan masa kini maupun yang akan datang, lebih lanjut SI/TI merupakan suatu alat yang digunakan untuk mencapai visi dan misi institusi pendidikan.

Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Negeri Sriwijaya Tangerang Banten merupakan salah satu perguruan tinggi yang sedang berkembang menuju arah perbaikan untuk mempersiapkan peserta didik (mahasiswa) menjadi bagian dari masyarakat yang memiliki kemampuan profesional serta dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang diperolehnya dalam pembelajaran. Untuk pencapaian visi dan misi perguruan tinggi peran serta SI/TI sangat dibutuhkan, sehingga pemanfaatan dan  infrastruktur SI/TI menjadi suatu alat yang dapat digunakan sebagai penunjang proses dan trategi untuk mencapai tujuan, pencapaian visi dan misi serta menjalankan Tridharma perguruan tinggi. Penggunaan dan penerapan SI/TI  akan membawa nilai tambah bagi keunggulan kompetitif institusi itu sendiri.

Pada STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten saat ini, pemanfaatan dan penggunaan SI/TI masih sangat kecil bahkan belum dilakukan. Dengan kurangnya penerapan dan pemanfaatan SI/TI dalam kegiatan operasional STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten membawa dampak bagi kegiatan akademik. Pada masa perkembangan informasi seperti sekarang, kemudahan informasi untuk mendukung kebutuhan akademik merupakan sesuatu yang sangat penting, tetapi dengan kurangnya perencanaan dan penerapan SI/TI akses informasi menjadi sangat sulit serta sumber belajar sangat minim. Kurangnya sumber informasi dan sulit dalam memenuhi kebutuhan informasi akademik merupakan kondisi STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten saat ini.  Hal yang sama juga terjadi terhadap kegiatan pendukung akademik itu sendiri, seperti administrasi dan kepegawaian. Data dan informasi dari setiap bagian dan unit kerja tidak terdistribusi dengan baik dan belum tersentralisasi.

Keselarasan strategi penerapan SI/TI dengan proses bisnis merupakan suatu keharusan agar penerapan SI/TI dapat berjalan secara sinergi dan memberikan manfaat bagi organisasi. Rencana strategis (Renstra) SI/TI merupakan rencana pengembangan penerapan SI/TI yang meliputi perencanaan SI dan perencanaan TI untuk memenuhi kebutuhan informasi dan mencapai visi dan misi suatu organisasi.

 Penyusunan rencana strategis  SI/TI perlu dilakukan agar terjadi  perencanaan pembangunan, pengembangan dan implementasi sistem aplikasi dan teknologi yang terintegrasi serta selaras dengan proses bisnis organisasi, sehingga menghasilkan kemampuan bersaing dan penerapan SI/TI yang baik. Kondisi saat ini pada STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten dalam usia yang masih sangat muda, belum memiliki roadmap perencanaan, pengembangan serta fasilitas SI/TI yang terintegrasi, sehingga penyusunan rencana strategis SI/TI merupakan langkah awal yang perlu dilakukan untuk menterjemahkan visi dan misi STAB Negeri Sriwijaya Tangerang Banten kedalam kebutuhan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, serta pengembangan dan implementasi SI/TI secara berkelanjutan.

Untuk tulisan lengkap, silahkan hubungi admin. Terima Kasih

Advertisements

About heriyanto lim
Heriyanto, Lecturer at the State College Buddhist of Sriwijaya. Subject: Computer Science, Multimedia and Statistics (Certificates of expert-level statistics). IT Support Specialist, Maintenance and Programming (Java, Visual Basic, etc).

9 Responses to Rencana Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) dengan Enterprise Architecture Planning (EAP)

  1. Asep Setiawan says:

    admin yang terhormat barangkali bisa bantu sy sebagai bahan referensi untuk tesis yang akan saya buat tentang RENSTRA SI, untuk file lengkap Rencana Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI/TI) dengan Enterprise Architecture Planning (EAP), barangkali bisa berbagi ke alamat email saya thiopwk@yahoo.com

  2. yoga says:

    bolehkah saya melihat file lengkap sebagai bahan referensi? alamat email saya yogatrihutomo@ymail.com, terima kasih

  3. jimba says:

    admin saya mau dong buat refren

  4. jimba says:

    admin saya mau dong buat refren untuk renstra EAP nya

  5. Dear, Admin yang terhormat
    Bolehkah saya meminta bantuannya untuk mengirimkan file lengkapnya ke email saya : hidayatsyahid117@gmail.com

    File anda akan saya jadikan referensi dalam penulisan tesis saya tentang Enterprise Architecture Planning (EAP), saya ucapkan banyak-banyak terima kasih apa bila anda membantu saya.

    Regrads
    Hidayat

  6. ozi says:

    dear admin, boleh kah saya mendapatkan file lengkap tentang eap ini? sabagai referensi dalam penyelesaian tesis saya. sekiranya bisa mohon di email ke ozinasution@gmail.com
    terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: